KAI Daop 4 Semarang Operasikan 3 KA Tambahan pada Momen Libur Lebaran

Suasana di stasiun pemberangkatan. 

GROBOGANTODAY, Semarang – Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang menambah jumlah perjalanan kereta api pada momen Angkutan Lebaran tahun 2024 yang dimulai pada 31 Maret 2024 (H-10 lebaran) hingga 21 April 2024 (H+10 lebaran).

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan bahwa selama periode Angkutan Lebaran Tahun 2024 tersebut, Daop 4 Semarang menambah sebanyak 3 KA Tambahan atau 6 perjalanan KA setiap harinya. 

“KA Tambahan yang beroperasi meliputi KA Kaligung dengan relasi Semarang Poncol – Tegal pp, KA Ciremai dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Bandung pp, dan KA Argo Merbabu dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir pp,” jelasnya.

Tiket KA tambahan tersebut dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Selain 3 KA Tambahan tersebut, juga terdapat 4 KA Tambahan lainnya yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang yang meliputi 2 KA Sembrani Tambahan dengan relasi Surabaya Pasarturi – Gambir pp, KA Brantas Tambahan dengan relasi Blitar – Pasar Senen pp, dan KA Kertajaya Tambahan dengan relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen pp.

Penambahan perjalanan kereta api ini dimaksudkan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam momen libur lebaran menggunakan jasa transportasi kereta api. 

KAI terus berkomitmen menghadirkan Angkutan Lebaran melalui transportasi kereta api yang menyenangkan, sehingga seluruh pelanggan kereta api memiliki kesan yang penuh makna. 

“Hal ini sesuai dengan slogan yang telah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) luncurkan untuk Angkutan Lebaran Tahun 2024 yakni `Mudik Ceria, Penuh Makna`,” ungkap Franoto.

Dengan beroperasinya KA Tambahan ini, Daop 4 total menyediakan sebanyak 421.020 tempat duduk atau rata-rata 19.137 tempat duduk per harinya selama masa Angkutan Lebaran Tahun 2024. Adapun sampai dengan saat ini tgl 26 Maret 2024 pukul 10.00 WIB, tingkat keterisian tempat duduk atau Okupansi baru 41% dari tempat duduk yang disediakan.

Sedangkan untuk jumlah perjalanan kereta api, terdapat sebanyak 34 KA yang dioperasikan oleh Daop 4 Semarang dan sebanyak 70 KA yang melintas. “Sehingga total ada sebanyak 104 KA penumpang yang akan beroperasi setiap harinya selama periode Angkutan Lebaran Tahun 2024,” kata Franoto.

Melihat meningkatnya jumlah frekuensi perjalanan KA pada momen Angkutan Lebaran ini, KAI mengingatkan kepada seluruh masyarakat dan pengendara jalan raya untuk tertib berlalu lintas khususnya saat melewati perlintasan sebidang. 

“Ada maupun tidak ada pintu di pelintasan sebidang, pengguna jalan wajib berhenti sejenak, melihat kanan kiri, dan mendengar dengan membuka kaca helm atau menurunkan kaca mobil untuk memastikan tidak ada kereta yang akan melintas,” pesannya.

Guna meningkatkan kenyamanan pelanggan pada periode Angkutan Lebaran 2024, KAI juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) untuk membantu dan memberikan Informasi dan layanan kepada pelanggan di beberapa stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

Untuk semakin memberikan kesan pada momen Lebaran ini, KAI juga akan memberikan takjil gratis di stasiun, doorprize lebaran di kereta dan snack for Kids, serta menghadirkan hiasan tematik Lebaran di stasiun dan kereta api. 

“Kami berharap, perjalanan kereta api pada periode angkutan Lebaran 2024 berjalan dengan selamat, aman, dan nyaman. Sehingga terwujud mudik yang ceria dan penuh cerita bermakna,” tutup Franoto. 
https://ouo.io/esZ42Kf

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started